Saturday, July 13, 2013

Sejarah Komputer dan Perkembangannya


Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Alternative Link : [ Click Here ... ]
Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Baik dalam artikel ini akan saya jelaskan tentang komputer, mulai dari sejarah sampai perkembangan yang begitu pesat pada saat ini. Seperti kita ketahui dahulu komputer bentuknya seperti television jaman dahulu yang bagian belakangnya besar. Seiring dengan berkembangnya jaman yang begitu pesat tumbuh berkembang, akhirnya kini komputer mempunyai banyak bentuk, mulai ada yang layarnya tipis, cpunya bonsai atau pendek dan sistem operasinya juga yang banyak mengalami perubahan, bahkan saat ini layar komputer bisa diketik sentuh secara langsung layaknya i-pad atau tablet yang belakangan ini lagi gencar - gencarnya nge-trand. 
Sejarah Komputer
Sejerah Komputer

               Oke sebelum jauh lebih dalam menggali informasi tentang komputer, akan saya jelaskan pengertian komputer terlebih dahulu. Komputer adalah  alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. 
Adapun komponen - komponen komputer sebagai berikut :
1. Layar monitor
2. Keyboard
3. CPU
3. Mouse
4. Printer
5. Dan perangkat - perangkat pendukung yang lain.

Dalam sejarahnya, ada 5 generasi dalam sejarah komputer :

A. Generasi Pertama
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. 

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

B. Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. 

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.

C. Generasi Ketiga
Komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. 

D. Generasi Keempat 
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

E. Generasi Kelima 
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Demikian beberapa penjelasan singkat tentang sejarah komputer, untuk info lebih lanjut silahkan baca buku yang mengenai sejarah komputer lebih dalam. Atas ketersediannya anda untuk membaca artikel ini, saya ucapkan terima kasih.
Tag : Sejarah Komputer, Komputer, Sejarah, Perkembangan, 



Alternative Link :
Sejarah Komputer dan Perkembangannya

[ Click Here... ]

Artikel Terkait Lainnya

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►