Bayi Mengamuk - Jangan Ditiru

Wednesday, February 20, 2013

Contoh Soal Uji Kompetensi Dasar CPNS 2013


Contoh Soal Uji Kompetensi Dasar CPNS 2013

Alternative Link : [ Click Here ... ]
contoh soal CPNS

Pada kesempatan kali ini saya akan share mengenai artikel yang membahas secara sederhana contoh Soal Uji Kompetensi UKG Pedagogik Guru SD atau sekolah dasar.Diharapkan dengan adanya beberapa contoh soal-soal tes uji kompetensi Paedagogik ini, menambah semangat guru-guru kita untuk belajar dan terus belajar, agar nantinya tercifta guru yang berkualitas dan professional yang pada khirnya akan menghasilkan siswa-siswa yang tentu juga berkualitas yang nantinya menjadi tulang punggung bangsa ini pada generasi selanjutnya.langsung saja disimak contoh soal uji kompetensi UKG Pedagogik untuk guru sekolah dasar dan sederajat berikut ini:
SOAL UJI KOMPETENSI  DASAR GURU SD
1. Pernyataan di bawah ini yang merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD dari aspek sosial yaitu ….
a.mulai menyukai  teman  sebaya  sesama jenis
b.berperan serta dalam permainan logika
c.menyukai  teman sebaya  lawan jenis
d.dapat  bekerja  dalam durasi waktu yang lama
2.Anak usia SD  sering  disebut  “usia berkelompok”. Hal tersebut menunjukkan  karakteristik perkembangan anak aspek ….
a.intelektual
b.emosional
c.sosial
d.  moral
3.Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD ditinjau dari aspek fisik, kecuali  ….
a.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
4.Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan ….
a.penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang  dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
b.berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
c.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang .
d.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
5.Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD aspek emosional, kecuali  ….
a.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
c.menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
d.memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
6.Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.trial and error
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d.observasi
7. Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang dapat teridentifikasi  dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap  ….
a.masalah sosial
b.tubuh manusia
c.kesehatan manusia
d. bidang olahraga
8.Dalam pembelajaran PKn, guru kelas SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat”, kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
c.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
d. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
9.Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru  telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.kesehatan
b.status
c.penampilan
d.pekerjaan
10.Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa yang sangat ingin memerankan  tokoh  dongeng  yang disukainya berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.penampilan
b.pekerjaan
c.sekolah
d.status
11.Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.kesehatan
b.seks
c.penampilan
d.pekerjaan
12.Mata pelajaran IPS  ‘minat siswa terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.nama-nama keluarga
b.penampilan diri
c.ikatan kekerabatan
d.jenis pekerjaan orang tua
13.Sebelum mempelajari :’Perkalian bilangan’,   kemampuan prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.membagi
b.menjumlah
c.mengurang
d.menghitung
14.Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.membuat karangan deskriptif
b.melengkapi kalimat belum selesai
c.menyusun kalimat sederhana
d.membaca kalimat  sederhana
15.Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
16.Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali  ….
a. artikulasi
b.suara
c.kosakata
d.kelancaran
17.Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia SD, kecuali ….
a.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
b.adanya gangguan hubungan keruangan
c.kesulitan dalam bahasa dan membaca
d.gangguan mengenal dan memahami simbol
18.Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.merumuskan alternatif pemecahan masalah
b.menangkap makna secara penuh
c.mengingat kembali kata-kata
d.membandingkan informasi yang diterima

Tag : Soal CPNS 2013 -  Contoh soal cpns 2013 - soal kompetensi dasar 2013 - contoh soal ujian CPNS


Alternative Link :
Contoh Soal Uji Kompetensi Dasar CPNS 2013

[ Click Here... ]

Artikel Terkait Lainnya

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►